Jumat, 19 Februari 2016

Dahsyatnya Keistimewaan Sholawat


Pada tulisan sebelumnya telah dibahas tentang amalan dan tata cara menghadapi hari Jum’at. Dalam tulisan kali ini akan dibahas salah satu amalan hari Jum’at, yaitu memperbanyak membaca sholawat.
Sahabat Cahaya sebelum kita bahas lebih lanjut, biar semangat sholawatan dulu yuk... 

Allahumma Sholly Alaa Sayyidina Muhammad Wa’ala Aali Sayyidina Muhammad

Tahukah kalian, membaca sholawat merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Sholawat juga sebagai bentuk ketaatan yang paling luhur dan penghormatan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Orang yang senantiasa membaca sholawat saat di akhirat kelak akan dijanjikan mendapat tempat yang indah dan pahala yang besar. Demikian Nasehat dari Syekh Abdul Qodir Jailani dalam kitab As-Safinah Al Qadariyah.
Dengan membaca sholawat, seorang hamba dapat meraih keridhaan Tuhan Yang Maha Rahman, barokah-barokah yang dapat dipetik, dan doa-doa yang terkabulkan. Selain itu membaca sholawat juga dapat mengobati penyakit hati, menentramkan jiwa dan diampuni dosa-dosanya.
Karena dahsyatnya keistimewaan sholawat ini, pada Al-Quran dalam satu ayat* disebutkan bahwa sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bersholawat kepada Nabi Muhammad, selanjutnya Allah juga memerintah kepada orang-orang yang beriman untuk bersholawat dan mengucapkan salam yang sempurna. (QS. Al-Ahzab:56)*
Nah loh, Allah dan para malaikatNya saja bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, masa’ kita sebagai umat kesayangannya enggan untuk bersholawat
Dalam kitab As Safinah Al Qadariyah, Syekh Abdul Qodir Al Jailani juga dijelaskan tentang keutamaan-keutamaan bersholawat kepada Nabi banyak banget, tapi hanya beberapa diantaranya saja yang akan saya bagi di sini. Faedah yang dapat dipetik dari bersholawat kepada Rasulullah  SAW diantaranya antara lain:
1.      Melaksanakan perintah Allah SWT, karena sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah.
2.      Setiap kita bersholawat 1x maka Allah akan membalasnya 10x
3.      Memupuk kecintaan kepada Rasulullah SAW, karena sholawat menunjukkan bukti kecintaan kita pada beliau.
4.      Mendapat Syafaat di akhirat kelak, sebab orang yang mencintai Rasulullah kelak akan bersama beliau di surga.
5.      Mendatangkan Rahmat Allah.


Begitu banyak keutamaan bersholawat ini, di kalangan warga nahdliyin sering digelar kegiatan pembacaan sholawat nabi. Mereka biasa menggelar kegiatan ini secara berjamaah disertai dengan irama lagu yang disebut Diba’an. Pada umumnya kegiatan ini diselenggarakan secara rutin setiap minggunya, pada malam Jum’at (kamis malam) atau pada malam hari Jum’atnya diberbagai tempat seperti : Masjid, Musholla, atau di rumah-rumah warga.
Kegiatan pembacaan sholawat nabi ini juga biasa digelar pada saat Walimah Tasmiyah (acara pemberian nama), khitanan, pernikahan dan perayaan hari kelahiran (ulang tahun).
Semoga Bermanfaat
Tetap semangat bersholawat mengharap syafa’at :)
Cahaya Fitria untuk #30DWC5
190216


2 komentar:

  1. Subhanallah, pembahasan yang bagus mba..
    Hakikatnya bukan Nabi yang butuh sholawat kita, tapi kita yang butuh bersholawat kepada Beliau.
    Shollu 'ala Nabi Muhammad.

    Tetap semangat menulis Mba (y)

    BalasHapus
  2. Shollu 'alaih
    siap mas ! terima kasih sudah mampir :)

    BalasHapus