Sabtu, 27 Februari 2016

Mengisi Malam Minggu ala Jones (Jomblo Happiness)




Malam minggu malam yang panjang, rame-ramenya remaja pada pacaran. Saya mah pilih di rumah aja, kejar setoran tulisan, uda mau deadline satu jam ke depan. Biarin lha dibilang cupu lha, ga gaul lha... malming kog dekam di rumah... so what’s gitu? Masalah buat situ! 

Fenomena Malming dari tahun ke tahun mah ya tetep gitu-gitu aja, yang keluar bareng pacar atau teman nongkrong tipis-tipis di keramaian. Ada yang di cafe, taman sampai jembatan layang (kalau itu mah ga boleh ditiru yaa!)

Sementara yang jomblo nih kasihan, malam minggu seperti malam kutukan tak henti hinaan dan bullyan. Banyak banget tuh jomblo yang galau ngeluh di media sosial karena malam minggu kesepian *ups, sorry mblo :)

Padahal dalam islam ga da itu yang namanya tradisi malam mingguan, apalagi pacaran berdua-duaan tanpa ikatan. Islam mengajarkan pacaran yang halal yaitu hanya lewat sebuah pernikahan. Lebih sakinah, mawaddah, warahmah dan barokah. Aamiin

Buat para jones yang lagi ngenes di malam ini jangan pada ngenes ah, jadikan jones kalian itu jomblo happiness, asyik ga tuh :D Jomblo happiness adalah jomblo yang slalu berbahagia, bersyukur atas keadaan dirinya. Always smile and think positif! 

So, wahai kalian para jomblo happiness, isilah malam minggu kalian dengan kegiatan positif yang mendatangkan manfaat bagi diri  dan orang lain di sekitar kalian. Berikut ini saya akan coba membagi beberapa kegiatan positif yang bisa  kalian coba lakukan, Oke let’s check this...

 
1.     Mengaji, kegiatan ini merupakan kegiatan yang langka dilakukan di malam minggu. Padahal banyak manfaat dan pahala yang tersirat di dalamnya, seperti mendapat ilmu baru, mempererat tali silaturrahim dengan sesama teman ngaji dan juga ustad/ustadzah dan pastinya dapat pahala. Saya ingat pernah baca kitab Bidayatul Hidayah, dalam salah satu babnya dijelaskan tentang keutamaan orang yang mencari ilmu (mengaji), ketika engkau berjalan untuk menuntut ilmu para malaikat membeber sayapnya dan rela untuk kau injak, dan ikan-ikan di laut memohonkan ampunan untukmu dari Allah SWT. Emejing kagak tuh, sampai ikan-ikan di laut yang jumlahnya ga bisa dihitungpun memohonkan ampunan untuk kita. Ayo budayakan mengaji ga hanya pada malam minggu saja, tapi setiap malam-malam kita, mari diisi dengan mengkaji ilmu-ilmunya Allah.

2.    Sholawatan, biasanya di kampung-kampung sering diadakan acara sholawatan ini, seperti di masjid-masjid, mushola, sampai di rumah-rumah penduduk. Kegiatan sholawatan ini umumnya diadakan tiap malam jum’at, dan jarang ada yang mengadakan di hari sabtu. Jarang bukan berarti tak bisa kan? Mari buat tradisi baru di malam minggu, jadikan malam minggu bersholawat yang mensholawatkan masyarakat dam memasyarakatkan sholawat. O’iya hampir lupa, saking semangatnya :D Kegiatan sholawatan ini merupakan satu anjuran langsung dari Allah lho dan merupakan perwujudan rasa cinta kita kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Jadi manfaatnya sangat banyak, masih ingat beberapa tulisan saya terdahulu? Disitu sudah saya njlentrehkan (jelaskan, red) anjuran membaca sholawat dan manfaat-manfaat membaca sholawat. Mau tau lebih lanjut, boleh kunjungi tulisan saya yang berjudul “Dahsyatnya Keistimewaan Sholawat.”

3.   Kumpul Keluarga, kapan lagi ada kesempatan seperti ini, biasanya saat akhir pekan gini semua keluarga pada ngumpul breg tumplek ruweg. Kesempatan seperti ini ga boleh disia-siain, selain sebagai ajang silaturrahim juga sebagai ajang menambah keakraban antar anggota keluarga. Di kesempatan itu kita bisa saling membantu, masak bersama misalkan atau makan bersama, kalau itu mah pasti ga pernah ketinggalan :D Dijamin deh pasti akan jadi moment terindah, moment penuh kebersamaan dan moment mengobati kesepian bagi yang jomblo, ups maaf :D

Sekarang pilihan sepenuhnya ada di tangan kita mau jadi jomblo happiness yang mengisi malam minggunya dengan kegiatan positif dan berpahala atau jomblo ngenes yang ngisi malam minggunya dengan kesepian dan kegalauan, hayoo pilihanmu menentukan kualitas dirimu :)
Cukup sekian dulu ya tulisan singkat dari saya, semoga menghibur :D
Kalau ada kurangnya mohon dimaklumi, masih belajar hehe :D Ditunggu untuk kunjungannya, kritik dan sarannya.
Semoga bermanfaat
Cahaya Fitria untuk #30DWC13
270216

2 komentar:

  1. Nice sharing mbak nurul. Saya juga sempat menuliskan kegiatan kreatif malam minggu

    http://rezkyfirmansyah.com/2016/01/02/7-kegiatan-kreatif-menjalani-malam-minggu/

    Melatih kreativitas di malam minggu berkualitas. Keep writing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, setuju mas Rezky, jadikan malam minggu berkualitas dari pada galau ga jelas hehe
      Maturnuwun uda mampir :)
      Siap meluncurrr ke rezkyfirmansyah.com :D

      Hapus