Jumat, 26 Februari 2016

Terbuktinya Kebenaran Hadits Nabi SAW Anjuran “Memadamkan Lampu Saat Tidur Malam”



 
Dari Jabir bin Abdullah bahwasanya Rosulullah SAW bersabda: “Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman.” (HR. Bukhori Muslim)

Sudah lebih dari 14 abad yang lalu hadits itu diriwayatkan, ternyata di abad modern ini semakin terbukti kebenarannya. Manfaat medis dari anjuran Rosulullah untuk memadamkan lampu saat hendak tidur.

 
Dalam penelitiannya seorang ahli biologi Joan Robert mengungkapkan, bahwa saat tidur tubuh kita baru bisa memproduksi hormon melatonin itupun ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu mencegah dan memerangi berbagai penyakit, termasuk kanker.

Orang yang tidur dalam keadaan gelap, maka tubuhnya akan mudah memproduksi hormon melatonin. Sebaliknya, bila kita tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon ini terhenti.

Penelitian di San Diego juga menemukan korelasi antara cahaya lampu dan tingkat depresi. Orang yang sering terkena cahaya di malam hari relatif lebih mudah terkena depresi.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya salah satu upaya penghematan energi saja tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka dari itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Pentingnya mematikan lampu saat tidur pada malam hari baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan Inggris. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang berkaitan dengan pembentukan sel kanker.

Para ilmuwan juga mengklaim saat seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik saja, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.  
 
Masya Allah, ternyata anjuran Nabi Muhammad SAW yang datangnya sudah berabad-abad yang lalu benar-benar terbukti kebenarannya di era modern ini dan terkandung hikmah yang begitu dahsyat. Meski terlihat sederhana banyak manfaat dibaliknya untuk umat manusia diantaranya:

  1. Tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh terhadap penyakit, termasuk kanker.
  2. Dapat mempercepat tidur.
  3. Dapat megurangi lemak dan menghindarkan dari resiko obesitas (kegemukan).
  4. Dapat meningkatkan kinerja otak.
  5. Menghemat energi (mengurangi resiko global warming)

Jadi, masih menyalakan lampu saat tidur? Ayo lekas padamkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga bumi kita.
Semoga bermanfaat :)

Cahaya Fitria untuk #30DWC12
260216

Tidak ada komentar:

Posting Komentar