Kamis, 25 Februari 2016

Janganlah Marah, Maka Bagimu Surga




Siapapun kita pasti pernah merasakan marah, karena memang marah adalah salah satu tabiat yang tidak luput dari diri manusia. Meskipun tak luput dari dari sifat marah manusia selalu berusaha untuk meredam amarahnya. Bagaimana cara meredam amarah seperti yang diajarkan Rosulullah SAW?

Sifat marah merupakan bara api yang dikobarkan setan ke dalam hati manusia untuk merusak agama  dan diri mereka. Karena dengan kemarahan seseorang bisa menjadi gelap mata hingga dia bisa nekad melakukan tindakan atau mengucapkan perkataan yang berakibat buruk bagi diri dan agamanya. Semua pasti pernah marah, hal itu wajar karena manusia tak luput dari sifat ini. Hanya bagaimana cara kita untuk bisa menahan dan meredam amarah itu. 

Bahkan Allah SWT memuji mereka yang mampu menahan amarahnya dalam firmanNya :
“Orang-orang yang bertaqwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka) baik di waktu lapang maupun sempit, dan mereka yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”                                                 (QS. Ali Imron:134)

Menahan dan meredam amarah itu artinya jika mereka disakiti orang lain yang menyebabkan timbulnya kemarahan dalam diri mereka, maka mereka tidak melakukan sesuatu yang diinginkan oleh watak kemanusiaan mereka (melampiaskan amarah), akan tetapi mereka justru berusaha menahan kemarahan dalam hati mereka dan bersabar untuk tidak membalas perlakuan orang yang menyakiti. 

Keutamaan menahan marah dan mengendalikan diri ketika emosi disebutkan dalam sebuah hadits, Rosulullah SAW bersabda : “Bukannya orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya) dalam pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang yang kuat (yang sebenarnya) adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah.”

Inilah kekuatan yang terpuji, yaitu menahan marah yang akan mendapatkan keutamaan dari Allah SWT. Dan ini sangat sedikit dimiliki oleh kebanyakan manusia. Keutamaan menahan marah juga disebutkan dalam hadist lain, Rosulullah bersabda : ”Janganlah kamu marah, maka bagimu surga”.                                                                                 
Dari hadits tersebut kita menemukan satu keutamaan lagi, yaitu Allah akan menghadiahkan surga bagi orang yang mampu menahan amarahnya.
 
Rosulullah SAW senantiasa memberikan petunjuk kepada orang yang sedang marah untuk melakukan hal-hal yang bisa menahan dan meredam amarahnya dengan izin Allah diantaranya:

1.      Berlindung kepada Allah SWT dari godaan setan yang selalu mengobarkan bara api kemarahan.
2.      Diam (tidak bicara), agar terhindar dari perkataan yang buruk yang sering muncul saat seseorang sedang marah.
3.      Bila kita sedang berdiri coba duduk kalau masih ingin marah berbaringlah, setidaknya kita bisa sedikit rileks trus ga jadi marah deh.
4.      Kalau uda berbaring pun masih ingin marah, coba ambil air wudhu, biar setannya pada kabur.

Semoga dengan mencoba 4 langkah di atas, kita bisa terhindar dari amarah. Masih ingatkah salah satu hadits diatas? Janganlah marah, maka Allah akan kasih hadiah surga. Pasti semuanya mau kan mendapat hadiah surga? Siapa juga yang ga mau :D

Semoga bermanfaat dan semoga dapat menjadi motivasi untuk selalu berusaha menahan kemarahan kita :)
Cahaya Fitria untuk #30DWC11
250216

Tidak ada komentar:

Posting Komentar