Jumat, 11 Maret 2016

Keistimewaan Bangun Pagi




Bangunlah yang pagi, kalau ga nanti rezekimu di patok ayam lho. Semua pasti sudah akrab dengan nasehat ini. Nasehat orang-orang tua jaman dulu agar anaknya rajin bangun pagi. Begitu pentingnya bangun di pagi hari, dalam tulisan ini saya akan membahas tentang beberapa keistimewaan yang terdapat pada kegiatan ini (Bangun Pagi).

Langsung tanpa berlama-lama lagi...

Bangun tidur merupakan satu aktifitas manusia untuk mengawali harinya. Saaat kita bangun tidur pada pagi hari (sebelum fajar) akan terasa berbeda rasanya dengan bangun tidur pada siang hari (kesiangan). Sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang bangun lebih  pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia daripada mereka yang bangunnya kesiangan. 


Kita sudah mengetahui bahwa bangun pagi itu lebih baik daripada bangun kesiangan. Namun sayangnya hanya sebagian kecil saja yang melakukannya. Baiklah,  berikut akan saya bahas tentang beberapa keistimewaan bangun pagi, untuk memotivasi mereka yang enggan bangun pagi: 

1.       Waktu pagi merupakan waktu yang diberkahi
Rasullah mendoakan orang-orang yang mendoakan mereka yang senang bangun pagi dalam sebuah hadits:

 “Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun pagi (Subuh).”
(HR. Tirmidzi, Abu Daud,  Ahmad dan Ibnu Majah)

Doa Rosullah dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa keberkahan itu ada pada waktu pagi dan hanya untuk orang-orang yang senang bangun pagi. 

2.       Bangun di pagi hari membuat badan lebih sehat dan bugar
Para Ilmuwan dari Kanada menyimpulkan dari  beberapa penelitiannya, bahwa mereka yang bangun lebih pagi secara umum memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik. 

Saat kita bangun lebih pagi, kita akan memiliki waktu yang banyak sebelum melakukan satu aktifitas. Setelah sholat subuh kita mendapatkan waktu yang cukup untuk berolahraga pagi. Ga usah berat-berat, cukup olahraga ringan seperti jogging keliling daerah sekitar rumah. Dengan sedikit olahraga ringan akan membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar didukung dengan udara pagi yang masih segar dan bersih akan menambah semangat untuk melakukan segala aktifitas. 

3.       Bangun pagi itu cenderung membuat mental menjadi  positif dan optimis
Orang yang senang bangun pagi memiliki mood yang lebih baik yang membuat mental menjadi positif dan optimis. Sementara itu orang yang bangunnya kesiangan cenderung memiliki mood yang buruk yang menjadikan perasaan mudah depresi dan pesimis dalam memandang hidup.

4.       Mengurangi kecenderungan terserang gangguan jantung dan pembuluh darah
Menurut Dr. Muslim Nathin, orang yang suka bangun pagi kecenderungan terserang penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh akan relatif berkurang. Karena kita mendapatkan kesempatan untuk menghirup udara yang segar di pagi hari yang belum tersentuh polusi. Pada momentum ini sangat jika digunakan untuk memasukkan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru dengan aktifitas olahraga.

5.       Waktu pagi adalah sebaik-baik waktu produktif
Rasullah SAW bersabda:
“Berpagi-pagi itu barokah.
Sebab waktu pagi jiwa, akal dan fisik kita masih fresh kan sayang kalau tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan berbagai aktifitas yang produktif seperti bekerja. Karena sebaik-baik waktu produktif adalah di pagi hari.

 
Waktu pagi adalah anugerah terindah dari Allah karena terdapat banyak keberkahan di dalamnya. Maka manfaatkan waktu pagimu dengan sebaik-baiknya. Masih enggan bangun pagi? Gimana mau bangun rumah tangga nanti. #eh Mari biasakan bangun di pagi hari dan rasakan semua keistimewaannya. Beberapa keistimewaan di atas hanyalah sebagian kecil saja, bila pembaca mengetahui keistimewaan-keistimewaan lainnya dipersilahkan untuk menambahkan di kolom komentar. Terima kasih telah menyempatkan waktunya.
Semoga bermanfaat

Cahaya Fitria #30DWC26, 11 Maret 2016

2 komentar:

  1. Seseorang yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi akan lebih sukses daripada orang yang sering bangun kesiangan, seseorang yang terbiasa untuk bangun pagi dapat mengatur dan menyelesaikan aktivitas dengan mudah tanpa harus merasa terburu-buru. Cuitan Online

    BalasHapus
  2. Dan Segala aktivitas akan terencana dan terlaksana dengan baik

    BalasHapus