Minggu, 06 Maret 2016

Mengubah Hobi Menjadi Money



Di tengah maraknya resiko PHK di negeri ini, seiring dengan meningkatnya kebutuhan yang harus terus dipenuhi. Hal ini membuat kita harus memutar otak mencari solusi. Bagaimana cara mengatasi semua ini?

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dari makhluk yang lainnya. Mereka dibekali akal dan pikiran juga perasaan (baca:hati). Setiap manusia lahir dengan keunikan tersendiri menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh manusia lain.  Salah satu keunikan itu bisa kita liat dari hobi yang mereka miliki. Setiap orang memiliki hobinya sendiri-sendiri, ada yang sama dan ada yang berbeda antara satu dan lainnya. 

Hobi adalah kegemaran melakukan kegiatan yang kita sukai. Hobi merupakan sarana pemenuhan kebutuhan batiniah untuk melepaskan diri dari stress kejenuhan  dan kelelahan akibat rutinitas harian.
Bagi Anda yang selama ini hanya menganggap hobi sebagai hiburan diri dan pelepas stress, mulai saat ini cobalah untuk lebih menekuninya. Dengan menekuni hobi yang disukai kita bisa menjadi ahli dan tidak menutup kemungkinan dari keahlian itu dapat kita kembangkan menjadi suatu profesi dan menghasilkan uang tentunya. 

Berikut beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang, dilansir dari liputan6.com:

1.       Berkebun
2.       Memasak
3.       Menulis
4.       Menjahit
5.       Travelling dll

Contoh di atas hanya sebagian kecil saja, bila kita mau peka dan jeli melihat dan memanfaatkan peluang sebenarnya masih banyak lagi hobi-hobi yang menghasilkan. Tapi semua itu tak bersifat instan, melainkan butuh proses yang lama dan kesabaran tingkat dewa untuk mencapainya.

Jadi ingat sebuah Quote :
 via jalan2.com




“Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”  (Ridwan Kamil) 

Gimana gak menyenangkan coba, melakukan apa yang kita suka dapat bayaran pula. Indahnya dunia... 

Dari tadi kan sudah disebutkan hobi-hobi yang dapat menghasilkan, semua pasti kepingin kan. Sekarang saya akan berbagi bagaimana cara mengubah hobi jadi money itu? Pasti pada penasaran kan?

Oke let’s go...

Dilansir dari www.andriewongso.com dalam tulisan di blognya yang berjudul Mengubah Hobi Menjadi Uang. Seorang Career Coach yang bernama Nancy Collamer dari MyLifeStyleCareer.com menyebutkan tips untuk mengubah hobi menjadi uang diantaranya sebagai berikut:

1.       Ajarkan orang lain untuk melakukan hal yang kita sukai.
Jika anda begitu mahir dalam menjalankan sebuah hobi, inilah saatnya anda mulai untuk menularkan hobi kita kepada orang lain dengan cara mengajarkannya. Seperti membuka kelas melukis, kursus memasak, dan bila mahir bahasa asing kita bisa membuka kursus bahasa asing. Selain dapat menjalankan hobi itu, anda juga bisa memperoleh pendapatan tambahan.

2.       Jual atau ciptakan aksesoris ataupun perlengkapan yang berhubungan dengan hobi.
Misalnya :  mempunyai hobi membuat handy craft yang unik. Kita bisa menjual beberapa hasil kerajinan tangan kita, seperti : aksesoris bros dari kain flanel dll.

3.       Bicara atau tulis sesuatu mengenai hobi kita
Dengan menuliskan atau membicarakan suatu topik yang berkenaan dengan hobi yang kita sukai membuat orang lain akan mengetahui hobi kita dan kita juga dapat dibantu untuk mengembangkan hobi kita hingga dapat menghasilkan. Misalnya, jika kita suka menulis maka kita harus bersungguh-sungguh belajar menulis dan bergabung dengan komunitas yang mendukung hobi menulis kita. Dari komunitas itu kita dapat belajar langsung dari orang-orang yang sudah ahli dan sukses menjalankan hobinya. 

Pada akhirnya semua kembali pada pilihan kita masing-masing, sebab tidak semua orang beruntung memiliki hobi yang dapat menghasilkan uang.  Kuncinya adalah apapun yang kita pilih, cintailah! 

Sebuah pepatah menyebutkan :
“Do what you love and love what you do”
(Lakukan apa yang kamu cinta dan cintai apa yang kamu lakukan)

Semoga tulisan kali dapat menambah wawasan kita terhadap mengubah hobi menjadi money
Semoga bermanfaat

Cahaya Fitria #30DWC21. 06 Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar