Sabtu, 12 Maret 2016

Jangan Gengsi untuk Bermimpi

Tinggalkanlah gengsi hidup berawal dari mimpi
Gantungkan yang tinggi agar semua terjadi
(Hidup Berawal dari Mimpi)
Mana suaranya para rezpector :D Lirik lagu “Hidup Berawal dari Mimpi” karya Bondan & Fade to Black, sebuah lagu yang sarat motivasi dan menginspirasi para pendengarnya agar jangan pernah gengsi untuk bermimpi. Tapi kali ini saya tidak akan membahas lebih dalam tentang lagu ini. Pada tulisan ini saya akan membahas tentang mimpi.

Tak jarang dari kita masih gengsi untuk bermimpi sendiri atau menentukan mimpi sendiri. Kita menganggap sesuatu yang banyak orang impikan itulah jalan meraih sukses kita. Padahal setiap orang punya mimpi yang berbeda, jangan pernah gengsi tentukan mimpi kita. Mimpi itu gratis hanya  mewujudkannya yang mahal. Maksud mahal di sini adalah mahalnya sebuah komitmen dan konsistensi yang harus dijaga. Untuk mewujudkan mimpi kita dituntut untuk banyak berjuang, pantang menyerah, dan rela berkorban.

Jika kita mau membaca biografi para tokoh-tokoh ternama, maka kita akan menemukan apa yang mereka hasilkan sekarang itu berawal dari mimpi. Tapi mereka tidak berhenti pada mimpi itu, melainkan bersungguh-sungguh mewujudkannya. Tak peduli apapun rintangan yang menghadang akan mereka terjang dengan kekuatan sebuah impian untuk hidup yang lebih baik.

Dalam perjuangan mewujudkan mimpi tak jarang kita menemui sebuah kegagalan. Ketika kita berani bermimpi maka juga harus siap gagal atau kecewa. Bagaimanapun, gagal adalah bagian dari proses mewujudkan sebuah mimpi. Jika kegagalan itu menghampiri, kita tak boleh berhenti dan menyerah sampai di sini. Kita harus bisa bangkit lagi, dan mulai berjuang lagi. Karena sebaik-baik mimpi adalah yang diperjuangkan. 

Jika ingin meraih sesuatu, jangan pernah berhenti sebelum berhasil mendapatkannya. Yakini mimpimu, dan berjuanglah bersungguh-sungguhlah meraihnya. Jadilah sosok yang optimis dan berpikiran positif itu akan membantu dalam mewujudkan mimpi. Sebaliknya sikap yang cenderung berpikiran negatif dan pesimis akan menjadi penghambat meraih mimpi. Jadi, pilihan untuk bersikap ada di tangan kita, kita bebas mau pilih bersikap yang mana dan akan selalu ada konsekuensi yang harus di terima dalam setiap pilihan tersebut.

Jangan pernah orientasikan mimpimu pada uang atau materi belaka. Karena uang bukan hal nomor satu yang perlu kita kejar. Di luar sana banyak mereka yang berusaha mewujudkan mimpinya dengan bekerja mati-matian demi mengejar materi dan kedudukan. Padahal, materi dan kedudukan itu semakin dikejar akan semakin menghindar. Apabila ingin mendapat hidup yang semakin hidup, orientasikan mimpi pada makna dan berkah yang akan kita peroleh, jangan jadikan uang sebagai prioritas pertama. 

Sebuah nasehat dari Co-Founder Apple, Guy kawasaki yang saya lansir dari tulisan Prof. Rhenald Kasali seperti berikut:


“Kejarlah ‘meaning’. Jangan kejar karier demi uang. Sebab kalau kalian kejar uang, kalian tidak akan dapatkan ‘meaning’ dan akhirnya tak dapat uang juga. Kalau kalian mengejar ‘meaning’ maka kalian akan dapatkan position dan tentu saja uang.”

So, jangan pernah gengsi untuk bermimpi. Gantungkan mimpi setinggi-tingginya, bangkit dan teruslah berjuang bersungguh-sungguh meraih mimpi, pastikan mimpimu bermakna dan membawa berkah.

“Man jadda Wajada”
Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil

Semoga bermanfaat

Cahaya Fitria #30DWC27, 12 Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar