Minggu, 13 Maret 2016

Tersenyumlah


 Assalamualaikum Sahabat Cahaya :)

Bismillah...

Maukah kalian saya beritahu tentang sebuah perbuatan yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan tapi bernilai sedekah? Ada yang tahu jawabnya? Yupz, betul sekali tersenyum.

Senyum merupakan suatu perbuatan sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan dan bernilai sedekah. Kurang ga enak gimana tuh, cukup mudah bukan melakukannya? hanya dengan menarik bibir ke samping kiri dan kanan secara bersamaan. Tapi efek yang ditimbulkan itu lho, dahsyat!

Coba aja deh, saat berpapasan dengan orang lain di jalan pasang senyum terbaik kita, hampir pasti orang itu akan balas senyuman kita dengan senyuman terbaik mereka. Dan coba lakukan sebaliknya, saat berpapasan dengan orang lain yang belum kita kenal pasang muka yang ga bersahabat seperti cemberut, nyaprut, dan sinis. Hampir pasti balasan yang kita dapatkan adalah ga jauh beda bahkan ada yang menambahkan bentakan, “Ngapain loe liat-liat? Ada masalah?” sambil pasang muka yang ga kalah sinis dan mau nonjok kita.

Nah,  biar orang lebih friendly pada kita selalu pasang senyuman terbaik kita di setiap kesempatan. Senyuman kan tanda kasih sayang yang dapat merekatkan hubungan kita dengan orang-orang di sekitar. Senyuman akan lebih memberi makna pada setiap hubungan manusia, baik itu antar keluarga, tetangga, sahabat, teman bahkan orang-orang yang belum kita kenal.

Sedikit senyuman dari kita mungkin dapat membahagiakan dan menghibur hati orang yang melihatnya. Misalnya saja saat ada pengemis yang meminta-minta di rumah kita, memberi meskipun sedikit di sertai senyuman akan jauh lebih menyenangkan dari memberikan banyak tapi dengan muka cemberut disertai omelan.

Senyumanmu pada saudaramu juga bernilai sedekah lho. Kita pasti akan dapat pahala bila sering memberikan senyuman tulus pada orang lain.

Sebagaimana sabda Rosulullah SAW tentang keutamaan senyum ini dalam sebuah hadits
“Senyumanmu dihadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu.”
HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban

Trus kenapa masih susah buat tersenyum? Apa ga ingin dapat pahala senilai sedekah plus bonus masuk surga?

Selain itu senyum juga bikin wajah jadi makin menawan, walaupun wajah tergolong pas-pasan bila senantiasa dihiasi dengan senyuman akan sedap dipandang. Ngomongin senyum yang bikin wajah makin menawan jadi ingat lagunya bang Noe dkk (baca:Letto) yang bertajuk Senyumanmu.

Let’s Sing

Indah matamu gerai rambutmu
Menunjukkan itulah keindahan
Yang memberikan bentuk senyuman
Sebentuk ucapan kepada hati

Sinar wajahmu lembut katamu
Sepertinya mampu menggugah dunia
Yang terasa begitu hampa
Semuanya sirna tanpa cinta

Ku temukan arti kerinduan
Dan ku mengerti yang ku cari

Oh, bukanlah cantikmu yang ku cari
Bukanlah itu yang aku nanti
Tetapi ketulusan hati yang abadi
Ku tahu mawar tak seindah dirimu
Awan tak seteduh tatapanmu
Tetapi kau tahu yang tunggu hanyalah senyumanmu

Percaya ga? Saat kita mengerjakan apapun dengan bahagia sambil tersenyum, akan membuahkan hasil yang jauh lebih sempurna ketimbang saat kita mengerjakannya dengan perasaan terpaksa disertai muka cemberut bin nyaprut. Nah, kalau merasa selama ini masih kurang senyum, mulai saat ini perbanyaklah tersenyum. Tentunya senyuman yang ikhlas tulus dari dalam hati. Selain membuat wajah makin menawan dapat pahala juga lho.
Semoga bermanfaat

Cahaya Fitria #30DWC28, 13 Maret 2016

Sumber Inspirasi :
Buku “The Power of Smile” karya S. Rahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar