Rabu, 02 Maret 2016

Tips Memilih Sahabat yang Baik



Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan bantuan dan kehadiran orang lain. Oleh karena itu manusia membutuhkan orang lain sebagai teman atau bahkan sahabat dalam pergaulan sehari-hari.

Teman atau sahabat kita terkadang menyenangkan terkadang jadi menyebalkan. Sebelum kita bergaul dengan teman atau sahabat, maka harus diperhatikan dulu syarat-syarat bersahabat dan berteman. Karena tidak sembarang orang bisa kita jadikan teman bahkan sahabat.

Ada sebuah pesan nasehat  yang ditulis oleh Imam Al-Ghozali dalam kitab Bidayatul Hidayah: jika engkau mencari teman atau sahabat dalam belajar atau dalam urusan agama, maka pilihlah orang yang memenuhi 5 syarat dibawah ini:

 
1.       Carilah sahabat yang berakal (cerdas)
Bergaul dengan orang yang bodoh hanya akan mengakibatkan cekcok dan keretakan yang akhirnya dapat menimbulkan permusuhan. Karena sahabat yang bodoh akan menyulitkan engkau sendiri. Ali bin Abi Thalib berkata: “Janganlah engkau bersahabat dengan orang yang bodoh, waspadalah engkau dengan orang-orang yang bodoh. Karena seseorang itu dianggap sama dengan seseorang ketika sedang berjalan bersama-sama.”

2.       Carilah sahabat yang baik akhlaqnya
Janganlah engkau bersahabat dengan orang yang buruk akhlaqnya, yaitu orang yang tidak dapat mengendalikan dirinya saat marah dan juga tidak dapat menahan kemauannya (syahwatnya). Sehubungan dengan ini, AlQomah Al-Tharidy berpesan kepada puteranya sebelum ia wafat: “wahai anakku! Apabila engkau hendak menjalin persahabatan dengan seseorang, maka pilihlah orang-orang yang memiliki sifat-sifat berikut: dapat menjagamu, apabila engkau berkhidmah kepadanya, dapat memperbaiki kamu, dapat membantu saat engkau memerlukan bantuan, dapat membalas jasa baikmu dengan kenaikan pula, selalu mengakui kebaikanmu dan menutupi kejelekanmu, dapat menghargai dan mempercayai ucapanmu, mau mengalah bila berebut sesuatu denganmu.”
Ali bin abi Thalib berkata :”Sahabatmu yang sebenarnya adalah orang yang selalu bersamamu (di waktu senang dan susah) dan orang yang sanggup mengorbankan diri demi kebaikanmu.”

3.       Carilah sahabat yang shaleh/shaleha
Janganlah engkau berteman dengan orang fasiq, yaitu orang yang terus menerus melakukan dosa-dosa besar. Allah berfirman dalam Al Qur’an: “dan janganlah kamu mengikuti orang yang telah kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan keadaannya itu melewati batas.”
Janganlah berteman dengan orang fasiq, sebab melihat kefasiqan secara terus menerus itu dapat menghilangkan kebencianmu terhadap kemaksiatan.

4.       Carilah sahabat yang tidak kikir dan tidak rakus dengan harta
Janganlah engkau bersahabat dengan orang yang cinta harta, sebab persahabatan dengan orang yang cinta dunia merupakan racun yang ganas, karena tabiat manusia yang selalu ingin meniru dan mengikuti tabiat orang lain, bahkan watak itu dapat menular tanpa disadari.

5.       Carilah Sahabat yang jujur
Janganlah engkau bersahabat dengan orang yang pendusta, sebab kemungkinan engkau akan tertipu olehnya dengan kelicinan lidahnya.

Itulah 5 syarat yang perlu diperhatikan dalam memilih teman atau sahabat. Semoga kita dapat memilih orang-orang yang baik untuk dijadikan teman atau sahabat, sehingga persahabatan kita dengannya tidak hanya di dunia saja tetapi sampai ke syurgaNya. Aamiin
Ditunggu saran dan kritiknya di kolom komentar

Semoga bermanfaat
Cahaya Fitria untuk #30DWC17

020316 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar