Sabtu, 05 Maret 2016

Bila Cinta Tak Kunjung Menyapa



Saat kau berharap keramahan cinta
Tak pernah kau dapat...
Yaa sudahlah...

Masih ingatkan dengan sepenggal lirik lagu di atas? Ya Sudahlah begitulah judul lagunya.

Saat keramahan cinta belum menyapa, hanya bisa sabar dan pasrah. Karena semua adalah dariNya. Tak perlu bermuram durja dan galau merana, lepaskan saja mencoba ikhlas dengan semua ketentuanNya.

Bila cinta tak kunjung menyapa, mungkin ada yang salah pada diri kita. Mari bermuhasabah bersama-sama instrospeksi diri, mengapa hal ini bisa terjadi?

Saat usia sudah tidak muda lagi, saat pertanyaan kapan nikah? Selalu muncul dalam setiap kesempatan. Apakah lantas kita jadi emosional dan cenderung menyalahkan Tuhan, kenapa cinta belum juga datang?

 
Coba kembali ke dalam diri, perhatikan dengan teliti, tanya pada hati sudah siapkah kita bila cinta itu datang ? Karena cinta akan datang saat kita benar-benar siap menerimanya, dalam artian siap mencintai dan dicintai serta menyayangi dan disayangi. 

Seperti dalam hadits nabi SAW :
“Man Laa Yarham Laa Yurham” 
 Barang siapa tidak menyayangi tidak akan disayangi
 
Berbicara tentang cinta dan sayang pasti akan mengarah pada jodoh. Ya jodoh yaitu pasangan hidup yang mencintai dan menyayangi kita. Bila orang yang diidam-idamkan untuk melengkapi hidup kita tak kunjung datang. Tak usah cemas dan khawatir memikirkannya, karena masalah jodoh itu sudah diatur Allah SWT. Maka dari itu serahkan dan pasrahkan semua padaNya.
    
Bila cinta tak kunjung menyapa, coba kembali pada niat awal kita. Apakah sudah baik niat kita dalam mencarinya. Bila niat kita hanya ingin menghilangkan kesepian, atau biar ada teman dalam kebersamaan. Maka mulai sekarang perbaikilah niat itu, niatkan semata-mata hanya untuk mencari Ridho Allah. Nikmat yang baik untuk mencari jodoh itu tidaklah cukup tanpa dibersamai dengan usaha yang baik untuk mwujudkan niat tersebut. Seperti mencari ilmu tentang perjodohan, memperbaiki diri dan memantaskan diri. 

Setelah sudah memperbaiki niat dan melakukan usaha yang maksimal, selanjut bertawakkallah. Serahkan semua kepada Allah, pasrahkan semua padaNya. Dalam tawakkal ini kita harus tetap berprasangka baik (khuznudhon) kepada Allah SWT. Yakin apapun yang terjadi dalam hidup ini, bahwa rencanaNya adalah yang terindah dan pilihanNya adalah yang terbaik. Yakin Allah telah menyiapkan seseorang yang terbaik untuk kita dan pasti akan dipertemukan pada waktu yang tepat.

Dalam tahapan tawakkal ini, isilah dengan amalan-amalan sunnah yang dapat lebih mendekatkan diri kita pada Allah. Seperti puasa sunnah senin&kamis, tapi ingat jangan niatkan puasa itu karena mencari jodoh tetapi niatkan puasa itu semata-mata untuk beribadah kepada Allah.

Dalam masa penantian ini perbanyaklah istighfar, mohon pengampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang telah sengaja atau  tanpa sengaja dilakukan. Karena bisa jadi, cinta yang tak kunjung menyapa itu karena kita masih banyak dosa. Kita sebagai manusia pasti tak luput dari dosa dan istighfar adalah salah satu pembersih dari dosa-dosa yang ada pada diri kita.

Banyak-banyak sedekah, bisa jadi cinta tak kunjung menyapa karena kita kurang sedekah. Sedekah dapat membuat harta kita barokah dan tentunya mendapat pahala. Sedekah juga akan mempermudah hidup dan mendekatkan jodoh kita.

Selanjutnya bila cinta tak kunjung menyapa jangan pernah putus asa dari rahmatNya. Bila kita berputus asa, maka akan terputus dari rahmat Allah SWT. Rasa putus asa itu biasa sering dipicu dari prasangka buruk kita kepada Allah. Maka dari itu telah diingatkan di atas bahwa kita harus senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT. Karena dengan berprasangka baik akan menjadikan optimis dalam memandang hidup dan yakin Allah pasti akan menolong kita.

Selain usaha dari dalam diri seperti niat yang baik, memperbaiki diri, dan memperbanyak amalan-amalan sunnah. Kita harus mengusahakan juga dari luar, seperti menjaga tali silaturrahim antar sesama muslim, meminta bantuan orang tua, keluarga atau orang lain untuk mencarikan jodoh yang baik buat kita.

Intinya disini adalah bagaimana kita menyikapi bila cinta itu tak kunjung datang? jangan pernah sedikitpun kita berprasangka buruk kepada Allah tentang jodoh kita dan jangan pernah sekali-kali berputus asa dari rahmatNya. Jangan pernah putus berdoa meminta yang terbaik menurutNya.
Semoga bermanfaat 

Cahaya Fitria #30DWC20, 05 Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar