Rabu, 02 Maret 2016

Semua Ada Hikmahnya

Yang terbaik pasti akan datang di waktu yang tepat.

Satu ungkapan ini yang menambah keyakinan dan semangat dalam masa penantian. Saat jodoh tak kunjung datang, saat usia sudah cukup matang, dan saat orang-orang di sekitar menanyakan kapan. Penantian adalah suatu masa yang harus dilewati, mau atau tak mau. Fase ini kadang begitu membosankan. Rasanya jadi pengen cepat-cepat dipertemukan. Tapi sayang, Allah belum mengizinkan.

Agar masa penantian ini tak membosankan. Coba isi dengan hal yang menyenangkan. Yang membuat kita lebih baik lagi ke depan. Karena masa penantian adalah ujian. Agar kita senantiasa bersabar dalam  menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan. Selalu ada hikmah dalam setiap perjalanan hidup, tak terkecuali dengan masa penantian ini. Beberapa hikmah dalam masa penantian diantaranya sebagai berikut:


1. Dapat memiliki waktu untuk lebih  memantaskan diri
Masa penantian memberikan kita kesempatan untuk lebih belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Manfaatkan kesempatan dalam masa penantian ini untuk memperbaiki diri dan memantaskan diri. Karena sejatinya jodoh adalah cerminan diri. Bila ingin disandingkan dengan yang baik, maka kita harus terus memantaskan diri untuk disandingkan dengan pilihanNya yang terbaik.

2. Dapat membahagiakan orang-orang di sekitar
Bila saat ini belum ada orang spesial yang menyayangi kita. Bukan berarti tidak ada yang menyayangi kan? Coba lihat orang-orang di sekitar kita, keluarga dan sahabat terdekat. Mereka juga pasti akan menyayangi bahkan tanpa diminta. Dalam masa penantian ini cobalah sedikit perhatikan mereka yang ada di sekitar. Berusahalah bahagiakan mereka, berikan waktu dan perhatian untuk mereka. Percayalah dengan menyayangi kita akan bahagia dan masa penantian akan terasa indah.

3. Dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dan selalu khuznudhon pada Allah
Bila Allah mencintai hambaNya, akan ditimpakan ujian untuknya. Dengan kata lain ujian itu adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hamba yang dicintaiNya. Dan hanya orang-orang yang sabarlah yang mampu lulus dari ujianNya dan naik kelas menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Masa penantian ini mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih bersabar. Percayalah setiap kesabaran akan menuai hasil yang indah, tak ada sabar yang sia-sia.
Apapun yang telah tertulis di Lauhul Mahfudz adalah takdir terbaik yang dipilihkan Allah untuk kita. Tetap percaya dan berprasangka baik padaNya, apapun keadaannya. yakinlah rencanaNya adalah yang terindah dan pilihanNya adalah yang terbaik. Karena hanya Dia yang tahu kapan waktu yang tepat dan siapa orang yang tepat untuk kita.

Selalu ada hikmah dibalik setiap ujian kehidupan. Yang menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi ke depan. Mampu membahagiakan orang-orang di sekitar. Melatih kesabaran dan keyakinan. Bila ingin menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Cahaya Fitria untuk #30DWC16

010316

Tidak ada komentar:

Posting Komentar